Jumat, 16 Januari 2015

Pengertian dan Definisi Linux Secara Singkat

Pengertian dan Definisi Linux Secara Singkat - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian Linux secara singkat namun sudah mewakili semuanya silahkan di baca di bawah ini.


Pengertian Linux adalah sistem operasi berbasis Unix yang dibuat oleh Linus Torvalds, dikembangkan oleh GNU General Public License. Linux bersifat open-source atau bebas digunakan atau didownload oleh pengguna komputer diseluruh dunia atau juga disebut dengan istilah FOSS (Free / Open Source Software). Beberapa keunggulan dari Linux antara lain:

Definisi Linux adalah sebuah (OS) operating system atau sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds dari Universitas Helsinki Finlandia. Dituliskan bahwa Linux merupakan sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU Intel yang cocok untuk PC. Linux meluncurkan versi 1.0 pada tanggal 14 Maret 1994. Linux dapat dipelajari dan dikembangkan dengan mudah, karena sistem operasi tersebut didistribusikan secara open source atau dapat diartikan bahwa kode sumber linux turut diikutsertakan.

Software linux dan windows tentu saja beda. Karena basisnya saja berbeda. Jadi jangan berpikir kalau punya software windows bisa dipakai di linux. Tetapi tenang karena ada software di linux yang bernama wine atau windows emulator. Kalau pengen tau gimana caranya lihat aja deh itu. Lalu cara install software linux beda-beda.

Karena open source maka developer dan jenis-jenis linux atau yang sering disebut distro sangat banyak. Diantaranya adalah (Sumber) :

PCLinuxOS

PCLinuxOS adalah satu Sistem Operasi Open Source. PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU/Linux, itu berdasar pada kernel Linux menggunakan GNU toolset. PCLinuxOS salah satu dari penyedia-penyedia dunia yang sedang naik bintang karena userfriendly pada desktop.

Debian

Debian format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer.

Redhat

Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

Caldera

Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac)

Slackware

Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni, kalo ga salah linux tertua n hampir menyamai Unix dalam penggunaannya.

Suse

SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.

Corel

Corel Linux dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem

Turbo

Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.

Mandriva

Mandriva Linux yg sebelumnya bernama Mandrakelinux atau Mandrake Linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva. Itu menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal. Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat keluar desktop manager menggunakan Gnome, maka inux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman

Ubuntu

Ubuntu Linux hadir dalam 2 versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Definisi Linux secara singkat semoga bermanfaat dan untuk membaca artikel linux silahkan kunjungi Iyung Tux Blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar